Aplikasi Pendataan Desa SDGs

Kebutuhan akan data sekarang ini sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dimiliki untuk setiap instansi pemerintah khususnya pemerintah di level desa dan kecamatan, sumber data sebelum ada di tingkat kabupaten tentunya harus di rapihkan secara sistematis dan terstruktur dimulai dari tingkat desa.

Pada tahun 2021 Kementerian Desa mengeluarkan kebijakan perihal mewajibkan semua desa di seluruh indonesia untuk melakukan pendataan dengan konsep SDGs, namun pada pelaksanaanya ada beberapa desa khususnya di kabupaten tempat saya tinggal memang katanya ada kendala teknis saat penginputan, akhirnya ada beberapa form quisioner yang terbengkalai, untuk atasi hal tersebut ada inisiatif dari tim PaduliDesa yang ditunjuk dan dipercaya pihak desa terkait untuk memberikan sebuah solusi, akhirnya dengan bekerjasama dengan zai.web.id konsep aplikasi pendataan desa dengan quisioner SDGs dapat terealisasi.

Apa itu aplikasi Pendataan Desa SDGs ?

Sistem informasi yang dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan pendataan penduduk desa, sistem ini dibuat dengan konsep quisioner SDGs sehingga pemerintah desa mempunyai bank data penduduk sendiri kedepannya, dan setiap perubahan data penduduk akan tercatat di sistem ini.

Sistem ini berbasis web, dapat diakses secara online maupun offline melalui browser dan support untuk semua device baik PC, Laptop, Smartphone, dan Tablet.

Apa saja Fitur dari aplikasi Pendataan Desa SDGs ?

Sistem ini mempunyai fitur – fitur yang dibutuhkan seperti :

  1. Pendataan data dasar keluarga

Fitur ini untuk input data dasar keluarga, dari mulai no kk, nama kepala keluarga, alamat, sampai kontak.

  1. Pendataan data anggota keluarga

Fitur ini untuk input data anggota keluarga, dari mulai identitas kepala keluarga, identitas anggota keluarga, termasuk kontak dan media sosial.

  1. Pendataan quisioner SDGs

Fitur ini untuk input sesuai quisioner SDGs baik quisioner yang berkaitan dengan data keluarga seperti kategori Pemukiman, dan yang berkaitan dengan data anggota keluarga yaitu kategori Deskripsi pekerjaan,Deskripsi kesehatan, dan Deskripsi pendidikan.

  1. Data dasar keluarga

Fitur ini untuk mengelola data dasar keluarga yang telah di input, user dapat melakukan filter berdasarkan wilayah sampai dengan tingkat RT, dapat melakukan edit, dan hapus data

  1. Data anggota keluarga

Fitur ini untuk mengelola data anggota keluarga yang telah di input, user dapat melakukan filter berdasarkan wilayah sampai dengan tingkat RT, dapat melakukan edit, dan hapus data

  1. Evaluasi data dasar keluarga

Fitur ini untuk mengelola perbaikan data dasar keluarga yang telah di input, dimana user dapat melakukan filter data berdasarkan wilayah dan item-item lain yang berhubungan dan dapat menampilkan data – data yang belum lengkap dan dapat langsung memperbaikinya.

  1. Evaluasi data anggota keluarga

Fitur ini untuk mengelola perbaikan data anggota keluarga yang telah di input, dimana user dapat melakukan filter data berdasarkan wilayah dan item-item lain yang berhubungan dan dapat menampilkan data – data yang belum lengkap dan dapat langsung memperbaikinya.

  1. Dashboard sistem

Fitur ini untuk menampilkan rekapitulasi dari data-data yang telah diinput di aplikasi, diantaranya rekapitulasi total KK, total Jiwa, Grafik penduduk per jenis kelamin, Total punya KK dan tidak punya KK, total punya NIK dan tidak punya NIK,Total peserta jamsos ketenagakerjaan dan kesehatan, dll., dan data dapat ditampilkan berdasarkan wilayah sampai tingkat RT.

  1. Report Statistik Kependudukan

Fitur ini untuk menampikan statisktik berupa grafik dan table yang dipecah berdasarkan jenis kelamin, dimana menampilkan statistik kependudukan berdasarkan :

    • Rentang Umur
    • Kategori Umur
    • Pendidikan Tertinggi
    • Kondisi Pekerjaan
    • Pekerjaan Utama
    • Status Perkawinan
    • Agama
    • Jenis Kelamin
    • Kewarganegaraan
    • Kempilikan NIK

Untuk semua report dapat dicetak/diprint langsung dari aplikasi, dan dapat juga di download format excel dan pdf, dapat langsung di copy di aplikasi.

  1. Report Grafik sesuai quisioner SDGs

Fitur ini untuk menampikan statisktik berupa grafik dan table sesuai quisioner SDGs baik yang berkaitan dengan data keluarga, maupun data anggota kelurga, dimana menampilkan statistik sebagai berikut :

Kategori Pemukiman

    • Grafik Tempat tinggal yang ditempati
    • Grafik Status lahan tempat tinggal yang ditempati
    • Grafik Jenis lantai tempat tinggal terluas
    • Grafik Dinding sebagian besar rumah
    • Grafik Jendela
    • Grafik Atap
    • Grafik Penerangan Rumah
    • Grafik Energi untuk memasak
    • Grafik Sumber kayu bakar
    • Grafik Tempat pembuangan sampah
    • Grafik Fasilitas MCK
    • Grafik Sumber air mandi terbanyak
    • Grafik Fasilitas buang air besar
    • Grafik Sumber Air Minum terbanyak
    • Grafik Tempat pembuangan limbah cair
    • Grafik Rumah berada di bawah SUTET/SUTT/SUTTAS
    • Grafik Rumah di bantaran sungai
    • Grafik Rumah di lereng bukit/gunung
    • Grafik Kondisi rumah secara keseluruhan
    • Grafik Akses Pendidikan terdekat
    • Grafik Akses Fasilitas Kesehatan terdekat
    • Grafik Akses tenaga kesehatan terdekat
    • Grafik Akses Prasarana dan Sarana Transportasi
    • Grafik Pemanfaat/penerima program pemerintah

Kategori Deskripsi Pendidikan

    • Grafik Kondisi Pekerjaan
    • Grafik Pekerjaan Utama
    • Grafik Jaminan sosial ketenagakerjaan
    • Grafik Penghasilan setahun terakhir

Kategori Deskripsi Kesehatan

    • Grafik Penyakit yang diderita setahun terakhir
    • Grafik Fasilitas kesehatan didatangi setahun terakhir untuk pengobatan/perawatan
    • Grafik Jaminan sosial Kesehatan
    • Grafik Disabilitas

Kategori Deskripsi Pendidikan

    • Grafik Pendidikan tertinggi yang ditamatkan
    • Grafik Lainnya

Untuk semua report dapat dicetak/diprint langsung dari aplikasi, dan dapat juga di download format excel dan pdf, dapat langsung di copy di aplikasi.

  1. Report data dasar keluarga

Fitur ini untuk menampikan rekapitulasi berbentuk table untuk data dasar keluarga, di dalamnya user dapat melakukan filter data berdasarkan wilayah, dan mendownload data dalam format excel.

  1. Report data anggota keluarga

Fitur ini untuk menampikan rekapitulasi berbentuk table untuk data anggota keluarga, di dalamnya user dapat melakukan filter data berdasarkan wilayah, dan mendownload data dalam format excel.

  1. Dashboard control operator

Fitur ini digunakan admin untuk melakukan control harian pada semua operator saat kegiatan penginputan ke aplikasi dimulai.

  1. CMS sistem

Fitur ini digunakan superadmin untuk manajemen User, manajemen Hak akses, manajemen menu, manajemen aplikasi, manajemen Log user.

Berikut Screenshot dari aplikasi pendataan desa SDGs :

Aplikasi ini masih bisa dikembangkan sesuai kebutuhan desa.
JIKA ANDA BERMINAT UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI PENDATAAN DESA INI, SILAHKAN KONSULTASIKAN DENGAN SAYA ZAI (085220969224)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *