Membuat WA Broadcast dengan Codeigniter dan WABLAS

zai.web.id

Salah satu fitur Whatsapp yang mungkin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yaitu WA Broadcast, sekarang ini fitur dari whatsaap sudah memungkinkan untuk melakukan broadcast namun dengan catatan nomor tujuan harus menyimpan nomor pengirim di Smartphone nya.

dan untuk kebutuhan broadcast agar terkirim walau nomor tujuan tidak save nomor pengirim kita bisa siasati dengan melakukan integrasi di aplikasi web yang sudah kita buat dengan layanan penyedia API whatsapp salah satunya layanan dari wablas.com, nah untuk lebih jelasnya disini saya akan share untuk bagaimana agar aplikasi web yang dibuat dengan codeigniter ini dapat terintegrasi dengan wablas.com

Layanan WABLAS.com sendiri itu berbayar jika kita melakukan pembelian paket setelah menjadi membernya, namun untuk menjadi membernya itu gratis + dapet quota 100 kirim wa gratissss..

Berikut Cara Membuat WA Broadcast dengan Codeigniter dan WABLAS :

  1. Jika belum menjadi member silahkan untuk membuat akun terlebih dahulu di situs nya wablas.com , namun jika sudah punya akun bisa langsung login saja
  2. halaman member wablas.com, member baru biasanya langsung di arahkan ke MENU DEVICE untuk melakukan scan barcode agar device smarphone kita terhubung dengan server wablas.com, jika sudah terhubung di kolom status akan tertulis conected seperti berikut :
halaman device

Jika status masih disconected silahkan tekan tombol dengan icon barcode di kolom action, sampai tampil seperti ini, dan lakukan scan barcode device:

scan barcode device

Jika berhasil nanti di kolom status akan berubah menjadi conected dan akan ada wa pemberitahuan bahwa device conected dari wablas.com

3. masih di halaman device wablas.com silahkan tekan TOMBOL dengan ICON KONFIG / GEAR di kolom action sampai tampil halaman project, disana terdapat domain API dan token wablas yang nanti kita pakai untuk integrasi, seperti berikut :

API dan token WABLAS

Oke selesai, jika sudah punya domain api dan token seperti di atas, kita bisa langsung gunakan di aplikasi web codeigniter kita dengan script ini, sebagai referensi script bisa dilihat di dokumentasi wablas dan di github

4. teman teman bisa gunakan script ini untuk wa broadcast, bisa di simpan di models :

function kirimWablas($phone,$msg)
{
        $link  =  "https://namaserverwablas.wablas.com/api/send-message";
        $data = [
        'phone' => $phone,
        'message' => $msg,
        ];
        
        
        $curl = curl_init();
        $token =  "isi dengan token wablas";

        curl_setopt($curl, CURLOPT_HTTPHEADER,
            array(
                "Authorization: $token",
            )
        );
        curl_setopt($curl, CURLOPT_URL, $link);
        curl_setopt($curl, CURLOPT_CUSTOMREQUEST, "POST");
        curl_setopt($curl, CURLOPT_RETURNTRANSFER, true);
        curl_setopt($curl, CURLOPT_POSTFIELDS, http_build_query($data)); 
        curl_setopt($curl, CURLOPT_SSL_VERIFYHOST, 0);
        curl_setopt($curl, CURLOPT_SSL_VERIFYPEER, 0);
        $result = curl_exec($curl);
        curl_close($curl); 
        return $result;
}

5. Jika sudah membuat function di atas , sekarang sudah dapat digunakan di transaksi ketika melakukan insert atau update data dengan menyisipkan script ini saat proses simpan ke database :

$this->kirimWablas($nomorwa,$isipesan);

untuk manipulasi script transaksi saya tidak share disini, manipulasi transaksi bisa desesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi yang dibuat teman-teman.

Selesai,
Jika ada pertanyaan atau punya cara lain silahkan tulis di kolom komentar,

Selamat mencoba, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *