Cara Upload aplikasi Laravel ke Hosting

Kali ini saya share bagaimana caranya untuk Upload aplikasi laravel ke hosting via cpanel, perlu diketahui mungkin untuk beberapa hosting ada sedikit perbedaan baik secara tampilan cpanel dan settingan, kebetulan saya menggunakan hosting dari indowebsite dengan aplikasi laravel nya menggunakan versi laravel 6, Berikut langkah-langkahnya :

  1. zip kan terlebih dahulu file laravel kita, karena biasanya hanya file zip yang dapat di upload ke cpanel. misal aplikasi laravel saya saya zipkan menjadi laravel_crud.zip
  2. Export Database kita yang ada di local sehingga menjadi file dengan extension .sql.
  3. Login ke cpanel kita, lalu buat databasenya terlebih dahulu, pastikan sampai mendapatkan nama_databse, username, dan password databasenya.
  4. lalu buka file_manager di cpanel, dan buat 1 folder untuk menyimpan aplikasi laravel kita, misal untuk yang saya ini nama foldernya laravel_crud
  5. silahkan upload file laravel kita yang sudah di zipkan sebelumnya, klik tombol upload dan lakukan proses upload sampai 100% :

6. lalu jika sudah masuk file zip laravel sudah berhasil di upload silahkan extract sehingga menjadi seperti ini :

7. sekarang kita setting database laravel nya di file .env, jika file .env ini tidak tampil pastikan setting preferences Show Hidden Files (dotfiles) terceklis, setting database seperti ini masukan nama_database, username, password, dan nama domain nya :

8. cari folder public di aplikasi laravel nya, lalu copy semua isi file dan move / pindahkan ke directory public_html/nama_domain, karena disini saya menggunakan subdomain yang saya simpan di public_html sehingga directorynya menjadi public_html/test.zai.web.id , pindahkan seperti ini :

9. di dalam folder public_html/test.zai.web.id tadi buka file index.php lalu sesuaikan ini :

require __DIR__.'/../../laravel_crud/vendor/autoload.php';
$app = require_once __DIR__.'/../../laravel_crud/bootstrap/app.php';

kenapa /../ nya ada dua, itu karena lokasi nya ada di 2 folder 1 folder public_html dan folder test.zai.web.id, lalu ada /nama_folder_aplikasi_laravel, kalo saya itu contohnya /laravel_crud

10. Coba sekarang bisa langsung di test langsung dengan akses domain aplikasi nya, kalo berhasil artinya aplikasi laravel kita berhasil di naikan ke server hosting, namun jika ada erorr periksa kembali path yang ada di file index.php tadi, dan kalo masih belum jalan extention PHP yang dibutuhkan biasanya tampil, maka setting extention PHP kita, sesuaikan dengan kebutuhan versi PHP nya, disini saya setting di PHP 7.3, dengan mengaktifkan 2 extention baru yaitu :

untuk di poin 10 itu nanti menyesuaikan dengan kebutuhan extention di server hostingnya yah, jika semua kebutuhan extention dipenuhi maka aplikasi laravel kita akan berhasil running di server hosting.

Sample app basic : http://test.zai.web.id/

Oke, selesai, Good Luck….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *