Kenapa Menggunakan Visual Studio Code ?

Dalam pembuatan sebuah program, pastinya kita banyak bekerja dengan yang namanya text editor dimana ini merupakan sebuah tools untuk mempermudah programmer menulis sebuah kode program, dan kali ini saya akan membahas salah satu text editor yang dikembangkan oleh tim Microsoft dan para kontributor dari seluruh dunia yaitu Microsoft Visual Studio Code, text editor  bersifat open source jadi kita dapat menggunakan nya secara free.

Sesuai judul kita kali ini yaitu Kenapa Menggunakan Visual Studio Code ?

Kenapa Menggunakan Visual Studio Code ?

Visual Studio Code merupakan tools text editor yang kaya akan fitur, namum di sini saya hanya akan membahas sedikit yang saya tau yaitu sebagai berikut :

1. Visual Studio Code support untuk OS Windows, Linux dan macOS.

2. Sudah include default Plugin / extention EMMET pada saat install visual studio code, fitur ini digunakan untuk mempermudah kita menulis HTML dan CSS, sepert dalam pembuatan tag html kita hanya perlu mengetikan tanda ! lalu tekan TAB maka VSC akan membuatkan otomatis tag html nya seperti ini :

3. Intellisense, dengan fitur ini pada saat kita mengetikan kode maka VSC akan memberikan saran apa yang akan kita ketikan untuk mempermudah auto complete, seperti ini :

4.  Linter, dengan fungsi ini VSC akan otomatis mengecek kode program kita apakah errornya atau tidak ini dapat terlihat baik dari perubahan warna syntax dan pesan erorr di bawah texteditor, seperti ini :

5. Dimudahkan dalam penggunaan warna di css, VSC akan menampilkan pilihan warna dengan visual warna aslinya, seperti ini :

6. Terintegrasi dengan GIT, kita dapat menggunakan terminal / console langsung dari VSC nya.

7. Tersedia marketplace extention yang dapat kita install tanpa harus repot-repot mencari plugin/extention tertentu di luar sana. bahkan VSC merekomendasikan extention yang paling banyak digunakan oleh user.

Masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh VSC apalagi jika nanti kita install extention – extention yang dibutuhkan untuk lebih mempermudah programmer dalam bekerja di text editor, namun dari pengalaman 2 bulan menggunakan VSC ini sangat terasa dari segi kecepatan yang agak kurang saja jika dibandingkan dengan text editor yang sudah dahulu ada.

Jika teman – teman tertarik untuk menggunakan Visual Studio Code bisa langsung download saja di situsnya https://code.visualstudio.com/.

Jika dari teman teman ada yang tau lebih banyak lagi fitur VSC ini share juga dong di kolom komentar?. 

Sekian dari saya, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *